Oleh Yuni Puspita Sari, S.Pd.
Pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan dapat berdampak besar pada peningkatan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilakukan dengan menerapkan teknik dan media yang menarik antuasias siswa untuk mengikuti pembelajaran.
Penggunaan teknik mind map berbantuan media cartoon story dapat menjadi alternatif solusi dalam pembelajaran menentukan struktur cerpen. Kolaborasi yang baru antara Teknik dan media ini terbukti dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa.
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah dari penggunaan teknik dan media ini berawal dari siswa kelas IX SMP Islam Takhassus Qolsaba Kudus yang kesulitan dalam menentukan struktur cerpen. Setelah dilakukan observasi dan pengamatan, terdapat empat penyebab siswa mengalami kesulitan menentukan struktur cerpen, di antaranya:
1. Siswa belum cermat membaca cerpen
2. Guru belum menerapkan Teknik pembelajaran yang tepat
3. Guru belum memberikan contoh cerpen yang tepat
4. Media pembelajaran belum digunakan guru dalam proses pembelajaran menentukan struktur cerpen
Peran guru menjadi fasilitator bagi siswa dibutuhkan untuk dapat meningkatkan pembelajaran bahasa Indonesia dengan baik dan menyenangkan khususnya di SMP Islam Takhassus Qolsaba Kudus. Berangkat dari hal tersebut, dibuatlah media cartoon story menentukan struktur cerpen dengan harapan siswa dapat memahami struktur cerpen dengan baik serta bahagia dalam mengikuti pembelajaran.
Pemilihan teknik mind map juga menjadi alasan untuk melaksanakan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan. Teknik mind map yang memiliki karakteristik berbentuk bagan, dapat menggugah kreativitas siswa. Bagan-bagan yang berisi struktur cerpen juga membuat mereka memahami materi struktur cerpen dengan baik.
Setelah melaksanakan pembelajaran menentukan struktur cerpen dengan teknik mind map dan media cartoon story, diperoleh hasil belajar yang baik. Hasil belajar ini dapat dilihat pada tabel berikut.
Siswa yang mendapatkan nilai sempurna 100 berjumlah 8 orang dengan persentase 66,7 %. Siswa yang mendapatkan nilai 80 berjumlah 3 orang dengan persentase 25 %. Siswa yang mendapatkan nilai 60 berjumlah 1 orang dengan persentase 8,3%.
Hasil tersebut menunjukkan bahwa sebanyak 8 orang siswa sudah memiliki nilai yang sangat baik dalam pembelajaran menentukan struktur cerpen dengan teknik mind map berbantuan media cartoon story. Sebanyak 3 siswa memiliki nilai yang baik dalam pembelajaran menentukan struktur cerpen dengan teknik mind map berbantuan media cartoon story. Serta 1 orang masih memiliki nilai kurang dalam pembelajaran menentukan struktur cerpen dengan teknik mind map berbantuan media cartoon story.
Pembelajaran menentukan struktur cerpen dengan teknik mind map berbantuan media cartoon story pada siswa kelas IX SMP Islam Takhassus Qolsaba dianggap berhasil dan siswa memahami materi struktur cerpen dengan baik.
Berdasarkan proses pembelajaran yang dilakukan guru, guru dapat memetik pembelajaran untuk selalu mengembangkan kompetensinya. Melaksanakan pembelajaran yang inovatif dan menarik dengan menerapkan teknik, model, atau media yang bervariasi juga perlu dilakukan oleh guru agar siswa bersemangat dalam pembelajaran dan nilai pembelajaran pun meningkat.
Ditulis oleh: Yuni Puspita Sari, S.Pd
Guru Bahasa Indonesia SMP Islam Takhassus Qolsaba Kudus
0 Comments